KH. Aban Banani, Rois PCNU Majalengka
Majalengka–Kasus dugaan suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ternyata bukan hanya menjadi perhatian para elite politik, tapi juga para Kyai NU khususnya di Kabupaten Majalengka. Umumnya mereka menyimak berita tersebut dari tayangan televisi dan surat kabar setempat. Para kyai NU itu mengaku prihatin dan tidak percaya kalau Menakertrans H.A. Muhaimin Iskandar terlibat di dalamnya. Mereka bahkan mendo’akan Cak Imin  tabah, sabar dan selamat dari kasus yang menjerat dua pejabat di kementeriannya itu.
Demikian pantauan media ini saat mengikuti safari idul fitri Fraksi PKB DPRD Majalengka ke beberapa kyai, Rabu (8/9/11).
“Insya Allah Cak Imin tidak terlibat, mari kita do’akan dia selamat dari ujian ini”, ujar pengasuh pondok pesantren Mansya’ul Huda, DR. KH. A. Sarkosi Subki, saat menerima rombongan Fraksi PKB di kediamannya di desa Heuleut Kadipaten.
Hal senada juga disampaikan Rois Syuriyah PCNU Majalengka, KH. Ahmad Banani. Menurut pengasuh pondok pesantren Al-Bukhori Garawangi Sumberjaya Majalengka ini, seorang tokoh akan menjadi besar setelah berhasil menghadapi ujian dan cobaan yang bertubi-tubi. Bagi Kyai Aban, demikian panggilan akrabnya, sudah tidak asing seorang pejabat yang berasal dari NU suka digoyang oleh rival-rivalnya. Dari mulai presiden sampai kepala desa yang NU selalu mendapat tantangan dan cobaan seperti itu.
“Orang NU yang jadi pejabat itu harus hati-hati. Mereka selalu dicari-cari kesalahannya atau dijebak untuk berbuat salah. Contoh nyata adalah Gus Dur dan Said Aqil Almunawar (mantan menteri agama, red). Kami do’akan Cak Imin selamat”, kata kyai bersahaja ini diamini anggota fraksi.
Sementara KH. Mukhlas Dimyati menegaskaan, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar tidak terlibat dalam kasus dugaan suap tersebut. Menurut Kyai kharismatik asal ponpes Gedongan Cirebon yang dikenal dekat dengan Muhaimin Iskandar ini, Cak Imin hanya dicatut namanya oleh bawahannya. 
“Aman…aman…saya yakin Cak Imin akan aman..”, katanya.
Namun demikian Kyai Mukhlas meminta aga seluruh kader PKB dan NU terus berdo’a untuk keselamatan Cak Imin. Karena masalah ini kental dengan nuansa politik yang terkadang tidak tentu arahnya. (AS)