Safari Idul Fitri F-PKB
ke KH. Mukhlas Dimyati Cirebon
Majalengka–Moment lebaran Idul Fitri 1432 H. dimamfaarkan Fraksi PKB DPRD Majalengka dengan bershilaturrahmi kepada tokoh-tokoh NU dan PKB Kabupaten Majalengka, Rabu (8/9/11). Kegiatan yang dikemas dalam acara Safari Idul Fitri ini diikuti oleh semua anggota Fraksi, yakni Ade Ganda Sasmita, Muhammad Jubaedi, Liling Ali Mukti, Ali Muchasin, Nasir dan Abdul Muin. 
Menurut Ketua Fraksi PKB Ade Ganda Sasmita, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin fraksi setiap tahun. Tujuannya adalah untuk meminta nasehat dan do’a agar NU dan PKB di Majalengka selalu istiqamah berjuang untuk masyarakat. 
“Kami sowan kepada beliau-beliau untuk minta nasehat dan do’a, karena beliau-beliaulah sesungguhnya pemilik saham NU dan PKB ini. Kami hanya sebatas khodim yang diberi tugas menjalankan amanat”, ujar Ade.
Ditambahkannya, shilaturrahmi  PKB kepada para kyai selama ini tidak sebatas karena adanya kepentingan politik saja semisal menjelang Pemilu atau Pilkada. Melainkan dilakukan terus menerus secara periodik dua  atau tiga bulan sekali. Karena bagi PKB, kedekatan dengan para kyai adalah sebuah kewajiban anak kepada ayah, bukan sebatas kebutuhan politik untuk menarik suara. Berbeda dengan partai lain yang seringkali kedekatan mereka dengan para Kyai NU lebih banyak dilakukan untuk kebutuhan politik saja. Buktinya mereka dekat dan datang kepada Kyai NU saat mereka membutuhkan dukungan politik menjelang Pemilu atau pilkada. Tapi setelah selesai proses politik mereka sudah enggan datang lagi kepada kyai NU.
“Kalau kita kan shilaturrahmi kepada Kyai itu sudah biasa, mau pemilu atau tidak kita tetap shilaturrahmi, menang atau kalah kita tetap shilaturrahmi. Kalau mereka kan datang kalau mau pemilu atau pilkada, usai pemilu apalagi kalau kalah ya sudah nggak datang lagi”, kata Ade tersenyum.
Tokoh yang dikunjungi adalah kyai-kyai sepuh NU dan PKB yang selama ini dianggap menjadi paku bumi NU-PKB Majalengka. Antara lain mantan ketua Dewan Syura DPC PKB Majalengka yang juga Mantan Rois Syuriyah PCNU Majalengka yang kini menjadi Wakil Ketua Dewan Syura DPW PKB Jabar DR. KH. Sarkosi Subki, Ketua Fatayat NU Majalengka Nyai Hj. Minatul Maula, Rois Syuriyah PCNU Majalengka KH. Aban Banani, Ketua PCNU Majalengka Drs. Saefullah PhB, tokoh kharismatik KH. Uju Djazuli, tokoh PKB Jabar KH. Mukhlas Dimyati Cirebon dan lain-lain. (AS)