Majalengka–Kondusifitas dan stabilitas internal partai merupakan modal dasar bagi DPC PKB Majalengka periode 2011-2016 untuk mempersiapkan pemenangan Pemilu 2014 mendatang. Tanpa keduanya, mustahil PKB Majalengka mampu meraih 9 kursi  sebagaimana amanat Muscab PKB Majalengka beberapa waktu yang lalu. Demikian diungkapkan ketua DPC PKB Majalengka Nasir, S.Ag saat digelar acara penandatangan fakta integritas pengurus DPC PKB Majalengka periode 2011-2016 di sekretariat DPC PKB Majalengka Jalan Suha 204 Majalengka, Ahad (21/8/11).
Menurut Nasir, untuk menjaga kondusifitas dan stabilitas internal maka semua jajaran pengurus harus menandatangani fakta integritas. Fakta tersebut antara lain berisi pernyataan kesedian menjadi pengurus, kesetiaan kepada pimpinan PKB, baik pusat, wilayah maupun kabupaten, kesediaan menjalankan tugas dan kewajiban pengurus dan kesediaan mengundurkan diri dan atau diberhentikan sebagai pengurus jika tidak hadir tiga kali berturut-turut dalam kegiatan partai tanpa alasan yang jelas.
“Intinya, fakta integritas ini dimaksudkan untuk mendorong agar semua pengurus dapat menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dan untuk menghindari konflik internal”, kata Wakil Ketua DPRD Majalengka ini.
Ditambahkan Nasir, selama ini pengurus yang tidak aktif dalam kegiatan partai biasanya tidak mau diberhentikan. Saat diberhentikan dia melakukan perlawanan dengan mengajak pengurus lain membuat kekuatan tandingan. Jika keliru dalam menyelesaikannya tidak mustahil akan terjadi konflik internal yang berkepanjangan. Situasi seperti ini jelas sangat mengganggu kinerja partai ke depan.
“Pengurus seperti itu jelas akan merugikan PKB, dia ini aktif di partai tidak mau, diganti orang lain juga ogah. Dengan fakta yang kita tandatangani ini akan memudahkan DPC untuk melakukan tindakan yang semestinya harus dilakukan”, jelas Nasir.
Pantauan Media ini, acara yang dikemas dengan tajuk ta’aruf dan buka bersama ini dihadiri oleh 49 pengurus dari 51 orang pengurus DPC. Hadir pula Ketua Dewan Syura DPC PKB Majalengka KH Badrussalam, para ketua DPAC PKB se-Majalengka dan pimpinan PCNU Majalengka. (abi)

Ketua DPC PKB Majalengka Nasir, SAg. mengumpulkan seluruh jajaran pengurus.