Majalengka–Ketua Dewan Syura DPC PKB Kabupaten Majalengka, KH. Moch. Endin Sholehuddin menegaskan dirinya tidak akan maju dalam pemilihan Ketua Dewan Syura pada Muscab PKB Majalengka Minggu 26 Juni mendatang. Kepastian tersebut disampaikan tadi malam Jum’at (24/7/11) saat meninjau persiapan Muscab di Sekretariat DPC PKB Kabupaten Majalengka, Jalan Suha 204 Majalengka.
Menurut pengasuh pondok pesantren Nashirul Huda Cingambul ini, waktu lima tahun bagi dirinya sudah dipandang cukup untuk mengurusi partai yang dilahirkan Nahdlatul Ulama ini. Kini dirinya akan kembali ke habitat semula, yakni berkhidmat di NU dan mengurus pesantren yang selama ini sering ditinggalkannya. 
“Saya akan kembali khidmat di NU dan ngurus pesantren. Tugas saya dalam membenahi PKB sudah selesai. Hasilnya sekarang dapat kita lihat, PKB sudah solid dan cantik. Silahkan jaga dan lanjutkan agar PKB lebih besar lagi” Kata Kang Endin, sapaan akrabnya.
Saat dirinya terpilih sebagai Ketua Dewan Syura pada Muscab PKB lima tahun yang lalu, Lanjut Kang Endin, kondisi PKB sangat memperihatinkan. Banyak kyai-kyai yang dulunya dengan gigih berjuang membesarkan PKB berbalik bersikap apatis. Akibatnya perolehan kursi DPRD Majalengka menurun dari 5 kursi menjadi 3 kursi. Tugasnya selama lima tahun ini adalah membenahi PKB dengan merangkul kyai-kyai untuk bersama-sama berjuang kembali membesarkan PKB. Hasilnya pada pemilu 2009 yang lalu berhasil memperoleh 6 kursi DPRD Majalengka. 
“Dulu saya diberi tugas oleh pengurus NU untuk membenahi PKB, Alhamdulillah dengan kebersamaan tugas ini telah berhasil. Kursi PKB Majalengka naik 100 persen, dari 3 menjadi 6 kursi, Sekarang saya diberi tugas untuk ngurus NU lagi, saya sam’an wa tho’atan saja”, ujarnya.
Dirinya berpesan agar pengurus PKB Majalengka ke depan tetap harus menjalin harmonisasi dengan pengurus NU, merangkul kya-kyai pesantren dan musholla yang selama ini menjadi tulang punggung perolehan suara PKB. (abi)