Majalengka – Meski agenda Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PKB Majalengka sudah memasuki tahap persiapan penjaringan bakal calon ketua, namun hingga kini belum ada kader yang tertarik mencalonkan diri. Beredar kabar, Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB, M. Nasir S.Ag akan didorong sebagai calon tunggal.

Ketua Panitia Muscab PKB, Ade Ganda Sasmita A.Ma mengakui, hingga awal penjaringan dan pendaftaran ketua DPC PKB, belum ada satu pun kader yang mengajukan diri maju dalam bursa muscab pada 26 juni mendatang. Sejauh ini di internal partai memang baru satu nama yang muncul, yaitu Ketua DPC PKB, M. Nasir S.Ag yang dikabarkan akan maju lagi dan mendapatkan dorongan dari para pengurus PAC.
“Sejauh ini belum ada satupun calon yang mendaftarkan diri. Kemungkinan para kandidat masih malu-malu atau memang sengaja untuk mengatur strategi, sehingga tidak berani mendaftarkan lebih awal,” ujar ketua Fraksi PKB DPRD itu usai ta’aruf antar pengurus DPC dan panitia muscab di kantor DPC PKB Kabupaten Majalengka, Senin (9/5).
Sekretaris DPC PKB, Drs. Abdul Muin menambahkan, dari hasil pengamatannya, saat ini memang pengurus PAC maupun ranting PKB masih berharap besar terhadap Nasir untuk meneruskan kepemimpinannya di PKB. Hal itu karena Nasir yang juga wakil ketua DPRD itu dinilai sebagai sosok yang pas dan tepat untuk menahkodai PKB hingga lima tahun ke depan.
Kiprah politisi asal Desa Mirat itu dinilai sudah teruji. Terbukti dengan kemampuannya menaikkan jumlah perolehan kursi DPRD dari 3 menjadi 6 kursi.
“Dilihat dari kondisinya sepertinya opsi calon tunggal dalam bursa Muscab PKB akan semakin kuat. Mengingat hingga saat ini baru ada satu calon yang sudah menyatakan kesiapan maju, yaitu Nasir,” paparnya.
Terpisah, M. Nasir tidak menampik bila kader PKB masih memercayai dirinya untuk maju. Dengan segala kekurangan dan kerendahan hati, dia mengaku siap maju kembali jadi kandidat ketua.
“Sesuai dengan asas demokrasi, siapapun kader PKB yang memenuhi syarat memiliki hak untuk maju dalam muscab, termasuk saya. Jika memang teman-teman dan kader PKB di PAC maupun DPC merestui, maka saya siap untuk maju kembali,” terangnya singkat. (pai/Radar Majalengka)