MAJALENGKA – Setelah dialami beberapa daerah, koloni ulat bulu kini merambah dan menyerang ratusan pohon mangga di Kelurahan Babakanjawa, Kecamatan/Kabupaten Majalengka.

Ulat bulu dari jenis Dasycira inclusa tersebut ditemukan berkerumun dan memakan kulit, batang, dan daun pohon mangga. Serangan ulat bulu ini mulai diketahui warga, Selasa (12/4/2011).

Keterangan yang berhasil dihimpun, awalnya kerumunan ulat itu hanya terlihat di beberapa pohon mangga milik warga. Namun ulat bulu berkulit hitam putih ini ditemukan di puluhan pohon mangga.

“Baru kali ini saya melihat ulat bulu sebanyak itu dan menyerang semua pohon mangga yang ada di sini. Yang membuat kami heran, ulat tersebut berkembang begitu cepat,” kata Iyah warga Gang Pereng, Kelurahan Babakanjawa.

Selain pada batang pohon mangga, kelompok ulat bulu ini juga ditemukan di batang pohon nangka meski jumlahnya tak sebanyak di pohon mangga.

Warga khawatir populasi ulat bulu itu semakin banyak dan masuk rumah seperti di daerah lain sehingga bisa menimbulkan gatal. Selain itu bila tidak secepatnya ditangani ulat bulu itu dikhawatirkan kian mengganas dan merusak pohon mangga. (majalengka online)