JAKARTA: Menakertrans Muhaimin Iskandar menyampaikan tujuh instruksi kerja bidang ketenagakerjaan dan transmigrasi kepada dinas dan instansi terkait hingga ke daerah untuk memperbaiki pelayanan kepada pekerja/buruh dan masyarakat.

“Untuk itu, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, PNS harus dapat mewujudkan sikap tegas dan santun dalam memberikan layanan kepada masyarakat, melakukan perbaikan secara terus-menerus, kreatif dan responsif terhadap persoalan yang ada,” katanya dalam perayaan HUT Ke-33 Kemenakertrans, hari ini.


Dia menjelaskan untuk mewujudkan kinerja yang optimal dan meraih prestasi baik, para aparatur yang menangani bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian diharapkan dapat bekerja dengan team work dan bukan mengandalkan kemampuan individual semata.


“Di usia ke 33 tahun, Kemenakertrans terus membenahi diri sesuai  dengan perkembangan tuntutan tugas dan tuntutan masyarakat melalui prioritas program kerja ketenagakerjaan dan transmigrasi,” jelasnya.


Menurut Muhaimin, instruksi kepada jajaran dinas dan instansi ketenagakerjaan dan transmigrasi di tingkat pusat hingga daerah di antaranya untuk meningkatkan peran pengawasan ketenagakerjaan untuk memberikan kenyamanan, ketenangan dan kedamaian pada pekerja maupun pengusaha.


Selain itu, lanjutnya, dinas dan instansi terkait dengan ketenagakerjaan dari pusat hingga daerah juga harus cepat tanggap dalam menangani masalah perselisihan kerja.


“Berikanlah pelayanan terbaik terhadap pihak-pihak yang memerlukan mediasi dalam perselisihan hubungan kerja agar tercipta situasi kerja yang semakin kondusif,” ungkapnya. (sumber: bisnis.com)