Majalengka–Ada hal menarik dalam pelaksanaan Muscab Garda Bangsa Kabupaten Majalengka yang berlangsung kemarin Kamis (30/12). Dalam sessi pemilihan, tidak hanya Ketua Garda Bangsa saja tetapi juga dipilih Komandan Satgas Garda Bangsa. Dalam pemilihan tersebut, Eman Sulaeman berhasil terpilih menjadi Komandan Satgas mendampingi Ketua Garda Bangsa terpilih Drs. M. Jubaidi. Eman berhasil mengalahkan kandidat lainnya, Onel Rasim dari Palasah dan Aan Sutisna, SH. dari Cingambul.

Menurut Ketua DPC PKB Majalengka, Nasir, S.Ag. mekanisme pemilihan dalam Muscab seperti ini sengaja dia lakukan untuk menegaskan bahwa Garda Bangsa bukan hanya bertugas untuk pengamanan. Melainkan sebagai organ partai dalam pengembangan dan pemberdayaan potensi partai pada segmen pemuda. Nasir mengaku, image di kalangan kader PKB dan masyarakat umum selama ini Garda Bangsa selalu identik dengan tugas pengamanan. Padahal tugas itu hanya sebagian kecil dari tugas pokok Garda Bangsa. Untuk itu dirinya menyiasati dalam Muscab kali ini ada pemilihan Komadan Satgas Garda Bangsa selain Ketua Garda Bangsa.
“Kalau yang dipilih hanya ketua Garda Bangsa, saya khawatir teman-teman Garda Bangsa peserta Muscab akan memilih ketua Garda dari kader-kader yang selama ini bertugas sebagai keamanan partai. Jika hal itu terjadi Garda Bangsa tidak akan berkembang, hanya melulu bertugas untuk pengamanan”, jelasnya.”Dengan cara seperti ini, akan muncul kader partai yang punya potensi memberdayakan pemuda PKB secara umum dan kader yang berkopeten dalam bidang pengamanan. Tentunya pada saat pemilihan Komandan satgas calon harus mendapat persetujuan dari Ketua Garda Bangsa terpilih agar nantinya tidak ada diskomunikasi dengan Ketua terpilih” tambah alumnus Ponpes Tambakberas Jombang ini.
Sementara itu Ketua DKW Garda Bangsa Jawa Barat, M. Sidqon Jampi, SH., mengaku tidak mempermasalahkan mekanisme seperti itu, “Satgas Garda Bangsa memang bagian dari Garda Bangsa. Umumnya dipilih nanti oleh pengurus Garda, namun jika akan dipiih secara langsung pada muscab ini ya ngga masalah, bahkan itu lebih baik”, Ujarnya. (Asep)